Menu

Selasa, 05 November 2019

         SMS MARKETING DI INDONESIA

Sms marketing adalah mei yang memiliki open rate 99% , jauh lebih besar dari pada e-mail.

Sudah dua puluh tahun lebih SMS digunakan untuk aktifitas marketing . Sebab layanan short massage service ini tersedi disetiap ponsel. Menurut data eMarketer , sbagai pengguna ponsel smartphone INDONESIA masuk urutan ke-3 se Asia Pasifik. Jumlahnya mencapai 92 juta . Hal ini mnujukkan ahwa banyak sekali ponsel market yang dapat dikirimkan sms marketing

Penting bagi para marketer memperhatikan peraturan yang berlaku di INDONESIA tentang pengiriman sms marketing . Hal ini untuk membantu kita agar tidak terkena delik , yang menunjukan anda melanggar hukum dalam menggunakkan layanan teekomunikasi. Jika brand anda terjerat kasus hukum karna melanggar regulasi sms marketing , dapat membuat kredibilitas brand menjadi meurun dimata pelanggan.

REGULASI SMS MARKETING YANG HARUS MARKETER TAATI:

1. Perhatikan Bagaimana Cara Kita Mendapat Nomor pelanggan

nomor ponsel pelanggan adalah nomor pribadi yang tidak bersifat publik . Data pribadi nomor ponsel diatur di dalam Pasal 26 UU no.11 tahn 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

2. Kirimkan Pesan SMS Marketing dengan Operator yang Terdaftar

Berdasarkan point pertama , ada regulasi sms yang meyatakan bahwa, marketer harus memperoleh izin dari pelanggan untuk dikirim sms.

3. Perhatikan konten SMS ,apakah sudah sesuai dengan aturan yang berlaku

untuk menghindari terbitnya gugatan konsumen , pastikan konten SMS kita memenuhi syarat syarat ini.:

  • konten pesan tidak bersifat  deskruktif atau kontaminaif

    Pesan sms tidak membahayakan perangkat penerima pesan atau merusak sistem penerima pesan

    SMS tidak bersifat Spamming ,atau dikirim secara terus menerus , ( waktu pengiriman sms diberi jarak)

    Pesan tidak mengandung unsur menipu , fitnah , menyinggung d.l.l ( hal2 yang merugikan)

     

    SMS MARKTING MEMILIKI BEBERAPA KEKURANGAN :

    1. Pesan yang disampaikan terbatas , yang mana iklan tidak bisa lama lama dan mewakili keseluruhan pesan dari merek atau jasa

    2. Rentan ketidak percayaan konsumen , ini mengacu pad nomor HP yang tidak dikenal oleh penerima pesan

     

    SMS MARKETING MEMILIKI KELEBIHAN :

    1. Lebih personal . iklan menggunakkan HP lewat SMS markting

    2. Lebih mudah . iklan melalui sms lebih mudah mencapai target sasaran konsumen yang di tuju

    3. Lebih murah . pengguna iklan lewat iklan memberikan biaya yang murah.

    4. Tepat sasaran . lewat pesan sms langsung tepat pada sasaran  (ikln tidak sia-sia)

    5. Lebih massal . bisa dikirim secara massal.

     

Share This

Previous Post
First
ItaAni

Written by

Related Posts

0 komentar: