Menu

Kamis, 14 November 2019

SMS MARKETING STRATEGI PEMASARAN

SMS MARKETING UNTUK UKM

Hai guys.. kembali lagi ke blog kami , kali ini kita aka membahas tentang SMS MARKETING UNTUK PEMASARAN  . kelebihan strategi pemasaran melalui SMS ini yang nanti akan kami paparkan agar Anda yakin untuk melakukan SMS marketing. Namun alasan yang paling mendasar masih terkait dengan banyaknya jumlah pengguna ponsel di paragraf pengantar sebelum. Anda dapat melihat bagaimana pelanggan atau pembeli sangat bergantung dengan perangkat komunikasi tersebut. Maka sangat masuk akal jika Anda juga melakukan komunikasi terhadap pelanggan atau pembeli Anda melalui media tersebut.

Tidak hanya ponsel biasa atau tradisional, kini pengguna ponsel pintar atau biasa disebut smartphone juga terus meningkat drastis. Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan eMarketer, jumlah pengguna smartphone di Indonesia akan meningkat dari 55 juta pengguna di tahun 2015 menjadi 92 juta di tahun 2019. Saat ini, Indonesia menjadi pasar penjualan smartphone terbesar ke-3 di kawasan Asia Pasifik (Setelah China dan India). Di Asia Pasifik, telah terdapat lebih dari satu miliar jumlah pengguna smartphone.


Kelebihan SMS Marketing
Setelah membaca data statistik di atas mungkin Anda masih ragu untuk melakukan strategi marketing lewat pesan singkat. Namun, kami akan memaparkan lebih lagi keuntungan apa saja yang bisa Anda dapatkan dari SMS marketing ini!

Proses Cepat
SMS Marketing ini dapat dilakukan dalam hitungan menit dan diterima oleh pelanggan dalam hitungan menit pula. Waktu yang dibutuhkan oleh penerima pesan adalah kurang dari 3 menit. Dalam menyusun pesan atau teks yang Anda ingin sampaikan, tinggal merangkai kata-kata yang menarik dan to the point. Apakah Anda ingin menawarkan barang khusus yang kemungkinan besar disukai pelanggan secara personal ataukah mengirimkan pesan berantai yang berisi promo potongan harga produk Anda. Anda tidak perlu repot menyusun ide Anda ke dalam bentuk yang rumit, hanya berupa kata-kata singkat yang bermanfaat. Tidak seperti iklan di media yang perlu perencanaan cukup lama mulai dari mengumpulkan ide hingga eksekusi dan penempatan iklan itu sendiri.

Cocok untuk Semua Jenis Mobile Device
Melalui SMS, Anda tak perlu khawatir kalau pesan Anda tak terbaca oleh perangkat ponsel tertentu. Sebab pada dasarnya SMS ini bisa diakses dari perangkat manapun, entah ponsel tradisional atau ponsel pintar.

Ramah Lingkungan
Bagi Anda yang peduli akan lingkungan. Anda tentu tahu bahwa papan-papan iklan di pinggir jalan raya, atau bahkan sekadar kertas selebaran semacam brosur yang biasa dibagikan toko adalah bentuk pemasaran yang berdampak bagi lingkungan secara signifikan walau tak langsung merusak. Bayangkan kertas-kertas bosur yang dibuat dari pohon-pohon yang ditebang itu bisa ditiadakan dengan adanya online marketing atau lebih spesifik lagi, SMS marketing ini.

Bersifat Personal dan Langsung
Bandingkan SMS marketing yang bisa dipersonalisasi ini dengan email yang dikirim oleh sistem. Apalagi email yang Anda kirim menumpuk di kotak inbox pelanggan Anda dan bisa tergolong spam.

Tidak Memakan Biaya Besar
Tidak seperti strategi marketing lainnya yang cenderung membutuhkan biaya besar, dengan SMS marketing ini, Anda dapat lebih menghemat biaya. Bandingkan dengan biaya pembuatan dan pemasangan iklan di media televisi atau baliho yang harus Anda keluarkan. Atau pencetakan brosur yang Anda lakukan di percetakan yang menghabiskan biaya desain berikut tinta untuk cetak konten brosurnya.

Memahami Tujuan SMS Marketing
Sebelum mengeksekusi rencana Anda untuk melakukan SMS marketing, ada baiknya Anda melakukan peninjauan yang mendasar dan komprehensif terlebih dahulu. Gunakanlah metode yang kami sebut sebagai SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time Specific). Metode ini perlu diterapkan karena SMS marketing Anda perlu tepat sasaran dan jelas agar komunikasi berupa SMS campaign ini berhasil.

Mengelola SMS Marketing Bersama

SMS marketing ini tidak dapat dikerjakan hanya oleh satu orang saja. SMS campaign yang ingin Anda lakukan perlu didiskusikan bersama-sama sesuai dengan tujuan spesifik yang telah disepakati bersama, terutama dengan departemen marketing dan public relation bila korporat Anda memilikinya.

Panggilan yang Jelas untuk Tindakan Customer

Demi membuat pesan singkat yang mendorong customer untuk melakukan transaksi, entah membeli produk atau menyewa jasa, Anda perlu memerhatikan isi SMS yang hendak dibagikan. Pesan yang hendak Anda sampaikan harus jelas dan menggugah pembaca untuk memikirkan apa yang Anda sampaikan. Buatlah lead yang memancing rasa penasaran customer. Jangan sampai penerima pesan langsung mengapus pesan Anda di inbox mereka tanpa membacanya terlebih dahulu. Perhatikan keyword Anda dan jangan membuat kata-kata yang terlalu panjang atau kaku seperti dikirim oleh sistem.


SEKIAN ULASAN DARI BLOG INI , SEMOGA MEMBANTU
Share This

Previous Post
Next Post
ItaAni

Written by

Related Posts

0 komentar: